Keutamaan Bersikap Qanaah


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Banyak keutamaan yang akan diperoleh bagi hamba Allah swt. yang senantiasa menerapkan qanaah dalam kehidupan sehari-harinya, di antaranya adalah bahwa Allah telah menyatakan secara pasti akan memenuhi segala kebutuhan hidup orang yang qanaah tanpa terkecuali, sebagaimana Nabi saw. bersabda: "Tidak ada seorang manusia pun dari yang fakir dan yang kaya, kecuali ia cinta pada hari kiamat maka sesungguhnya ia diberi kekuatan (tercukupi kebutuhannya) di dunia."

Nabi saw. juga bersabda: "Sungguh beruntung orang yang ditunjukkan pada Islam, karena hidupnya akan terpelihara dan terpuaskan dengannya."

Hakim bin Hizm meriwayatkan:

أَنَّ النَّبِيَ ص. م. قَالَ: الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُفْلَى, وَابْدَا بِمَنْ تَعُوْلُ, وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ مَا كَانَ عَنْ ظَهْرِ غِنَى, وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفُّهُ اللهُ, وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ ـ متفق عليه
Artinya: "Sesungguhnya Nabi Muhammad saw. bersabda: "Tangan yang ada di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Dan dahulukan dalam sedekah orang-orang yang menjadi tanggunganmu. Sebaik-baik sedekah adalah yang masih meninggalkan kekayaan, barang siapa yang sopan dan segan maka Allah akan memelihara keseganan dan kesopanan-Nya. Dan barang siapa yang suka mencukupkan dengan kekayaan yang ada maka Allah akan mencukupinya." (H.R. Bukhari - Muslim).
Keutamaan Bersikap Qanaah
Illustration from image google
Ibnu Mas'ud r.a. berkata bahwa sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: "Sesungguhnya Ruhul Qudus (Malaikat Jibril) membisikkan ke dalam kesadaranku, sesungguhnya seseorang tidak akan mati hingga disempurnakan rezekinya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan perbaikilah usahamu dalam mencari duniawi."

Selama kematian belum datang, hendaknya kita perbaiki keadaan hidup terutama kesejahteraan hidup dalam keluarga. Sebaik-baik orang yang mencari nafkah adalah mereka yang selalu berusaha tanpa mengenal putus asa lalu berserah diri kepada Allah (tawakal). Maka dari itu, hendaknya kita senantiasa berusaha menerapkan sikap qanaah dalam kehidupan agar kita termasuk salah satu dari hamba Allah yang selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah swt. kepada kita.

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Keutamaan Bersikap Qanaah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar