Keutamaan Sabar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sungguh beruntung orang-orang yang selalu bersabar dalam hidupnya karena di balik kesabaran yang dimilikinya tersimpan keutamaan-keutamaan baginya, beberapa keutamaan sabar tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1). Orang yang sabar akan mendapatkan rahmat Allah, hal ini ditegaskan oleh Allah melalui firman-Nya, “Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan innalillahi wa innaa ilaihi raaji’un. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. al-Baqarah: 155-157).

2). Orang yang sabar akan dicintai oleh Allah dan mendapatkan derajat yang tinggi di dalam surga, hal ini ditegaskan oleh Allah melalui firman-Nya:

وَاللهُ يُحِبُّ الصَّبِرِيْنَ

Artinya: “Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS. ali-Imran: 146).

اُوْلَئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةِ بِمَا صَبَرُوْا

Artinya: “Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka.” (QS. al-Furqan: 75).
Keutamaan Sabar
Illustration from image google
Surga dan neraka sebenarnya sudah ada di dalam hati kita saat hidup di dunia bila selalu bersabar menghadapi himpitan dan ujian yang berupa kesenangan atau penderitaan yang datang silih berganti. Ujian itu akan terasa sesak bila hati kita bimbang dalam menghadapinya dan hati kita akan merasa tenang bila kita selalu bersabar dan berikhtiar maka dengan itu Allah akan memberikan kesejukan buat hati kita dan kelak di akhirat nanti Allah akan menyediakan surga bagi kita.

3). Orang yang sabar akan mendapatkan kemuliaan yang besar, hal ini ditegaskan oleh Allah melalui firman-Nya:

سَلاَمٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ

Artinya: “Keselamatan atasmu berkat kesabaranmu.” (QS. ar-Ra’d: 24).

4). Orang yang sabar akan mendapatkan pahala tanpa batas, di luar dugaan dan hitungan manusia. Hal ini ditegaskan oleh Allah melalui firman-Nya:

اِنَّمَا يُوَفَى الصَّابِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. az-Zumar: 10).

Sangatlah beruntung di dunia ini bila kita sebagai hamba Allah dapat menerapkan kesabaran dalam hati kita sehingga kita kuat dan tabah dalam menjalani hidup. Dan barang siapa yang selalu bersabar dan bertakwa kepada Allah maka Allah akan memberikan segala kemudahan dari ujian, hidayah, barokah, dan keutamaan bagi hamba-Nya.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Keutamaan Sabar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar