Keberkahan Di Waktu Pagi


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Waktu pagi hari merupakan waktu yang sangat istimewa Sebabg, pagi hari selalu diidentikkan dengan simbol kegairahan, kesegaran, dan semangat. Siapa saja yang merasakan udara pagi hari niscaya ia akan mengatakan bahwa itulah saat paling segar sepanjang hari.


Pagi hari adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan aktivitas. Tak hanya merasa segar setekah tidur semalaman, pagi hari ternyata adalah saat mood cenderung berada di puncak. Suasana optimistis ini semakin menghilang menjelang siang, waktu ketika orang-orang mulai bekerja. Makanya, pagi hari sering dikaitkan dengan harapan dan optimisme. Sehingga, dalam peradaban Barat pun, dikenal suatu pepatah berbunyi "The early bird cathces the worm" (Burung yang terbang pagi hari lah yang bakal berhasil menangkap cacing).

Dalam Islam, waktu pagi juga merupakan waktu yang istimewa dan utama. Banyak keistimewaan dan keutamaan waktu pagi hari sebagaimana yang diungkapkan. Makanya Islam melarang keras umatnya untuk tidur pada pagi hari tanpa sebab-sebab yang diperbolehkan.

Waktu pagi adalah bagian dari waktu-waktu Allah SWT yang terus berputa. Begitu banyak makna positif yang memberi spirit dan optimisme dalam hidup, yang datang menyertai pagi hari. Allah SWT bahkan memuji waktu Subuh sebagaimana firmanNya sebagai berikut:

وَالصّبح اذا ثنفَس

dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing (QS. At-Takwir: 18)

Meskipun pujian tersebut belum bisa disingkap karena keterbatasan ilmu kita, namun banyak hadits dan ucapan orang-orang sholih sebagaimana yang dikutip dari Mukti Amini. "Waktu fajar adalah lambang kemenangan". Hal ini mengindikasikan bahwa jika ingin sukses, bangunlah pada waktu fajar, dan jangan tidur lagi. Karena waktu ini sangat strategis karena hawa masih segar dan Allah SWT membagi rezekiNya di waktu fajar.

Amalan-amalan yang bisa dilakukan pada waktu pagi ini adalah:
1. Membaca Al-Qur'an dan Memahami Maknanya
Membaca Al-Qur'an pada pagi hari banyak sekali manfaatnya. Di antaranya, Al-Qur'an nanti bisa memberi syafaat bagi kita di hari yang penuh kesulitan.
2. Mengulang-ulang Hafalan Al-Qur'an
3. Membasahi Bibir dengan Dzikir-dzikir Kepada Allah SWT
4. Menuntut Ilmu dan Beraktivitas-aktivitas Lainnya

Nah, demikian artikel tentang Keberkahan di Waktu Pagi. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan-Nya kepada Hamba-hamba yang dikehendakinya. Aamin...   :)


 

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين



Keberkahan Di Waktu Pagi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: putri dwi

2 comments:

  1. Ecommerce & Responsive Website Development!
    Creation of sites for business - the company WebiProg offers you bespoke web development and web design of online stores based on CMS OpenCart or other platforms. You will get: custom desing, speed optimization, security patches, catalog, multilingual, multisite, connection to different payment and delivery systems, etc. Visit our website!

    BalasHapus