Dalil (Ayat) Al-Quran Tentang Makanan Yang Halal dan Baik


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dalil Tentang Makanan Halal. Pada dasarnya semua apa yang terdapat di muka bumi ini diciptakan Allah swt. bagi manusia dan makhluk lainnya. Oleh sebab itu, apa yang dihasilkan di bumi, baik berupa tanaman dan tumbuh-tumbuhan, hewan ternak dan berbagai macam makanan dan minuman, boleh diambil faedah dan manfaatnya. Dan memang sengaja Tuhan menciptakan semua itu, apakah untuk dimakan, diminum, atau dipakai. Surah al-Baqarah ayat 168:

يَآ اَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِي الْاَرْضِ حَلَلاً طَيِّبًا وَ لاَ تَتَّبِعُوْا خُطُوَاتِ الشَّيْطَنِ اِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ ـ البقرة

Artinya: "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (Q.S. al-Baqarah: 168).

Penjelasan Ayat

Dalil Tentang Makanan Halal. Ayat di atas merupakan anjuran Allah swt. kepada manusia agar senantiasa memilih makanan yang halal dan baik di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak mengikuti jejak syaitan yang hanya mengikuti hawa nafsu belaka.

Sebab turunnya ayat di atas adalah berkaitan dengan sikap dari Bani Tsagf, Bani Amir ibnu Shasha'ah, Khuza'ah dan Bani Madlaj. Mereka menyatakan haram untuk diri mereka sendiri berbagai jenis makanan, seperti daging ternak, ikan laut, dan lain sebagainya. Demikian dijelaskan oleh Abdullah bin Abbas. Lalu turunlah ayat tersebut di atas. Dalil Tentang Makanan Halal.

Dengan demikian, segala macam makanan dan minuman itu hukumnya mubah dan halal, kecuali apabila ada keterangan yang mengharamkannya.

Allah swt. telah memberi petunjuk kepada kita agar memakan makanan yang halal dan baik. Kata halal dan baik berkaitan erat dengan kesehatan manusia, karena bisa saja makanan itu halal tetapi tidak baik untuk seseorang (kesehatannya) atau sebaliknya. Dalil Tentang Makanan Halal.
Dalil (Ayat) Al-Quran Tentang Makanan Yang Baik
Illustration from image Google
Sebagai contoh:
1. Si A mengidap penyakit darah tinggi, dia tidak diperkenankan makan daging kambing. Padahal daging kambing itu halal hukumnya, tapi karena akan berdampak negatif terhadap penyakit darah tingginya maka daging kambing tersebut menjadi tidak baik, khusus untuk si A walaupun itu halal. Sedangkan untuk yang lain tidak ada halangan untuk memakannya.

2. Daging ular, misalnya ada orang yang berkata bahwa daging ular itu lezat rasanya dan ular tertentu baik untuk kesehatan dan dapat menambah selera makan. Tapi dia termasuk jenis binatang yang diharamkan oleh syara'. Jadi, daging ular tersebut baik untuk dikonsumsi tetapi diharamkan hukumnya.

Dalil Tentang Makanan Halal. Jadi, kita dianjurkan untuk memakan makanan yang halal (tidak yang diharamkan) juga baik, yaitu yang tidak membawa mudharat dan hendaknya yang bergizi. Dan hendalkan dijauhi makanan yang buruk dan menjijikan.

Kemudian syaitan selalu menggoda manusia untuk mengikuti jalan keji, tecela, dan menyesatkan. Selain itu syaitan adalah musuh yang nyata. Syaitan bisa berupa manusia, bisa juga berupa jin sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam firman Allah swt. surah al-An'am ayat 112.

Orang yang mengikuti jejak syaitan, dengan melanggar ketentuan-ketentuan Allah swt. berarti dia telah menipu dirinya sendiri dan sebagai pendurhaka. Dalil Tentang Makanan Halal.

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Dalil (Ayat) Al-Quran Tentang Makanan Yang Halal dan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar