Tiada Waktu Tanpa Ibadah; Ternyata Waktu Tak Pernah Biasa


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


"Waktu tak biasa merupakan waktu yang membuat banyak orang sering kali menganggapnya tidak ada muatan padalah dan ibadah. Dengan kata lain, 'waktu tak biasa' adalah waktu yang sering kali dilupakan bahwa di saat-saat 'tak biasa' tersebut, ternyata terkandung ibadah dan pahala yang besar"


Berapakah waktu yang disediakan oleh setiap kaum muslimin untuk hidup di dunia dalam sehari semalam ?

Saya yakin, semua manusia dan makhluk hidup tanpa terkecuali diberikan waktu sebanyak 24 jam dalam sehari semalam. Dalam waktu yang cukup banyak tersebut, kaum muslimin diberikan berbagai situasi dan kondisi yang membuatnya mengisi peran dan fungsinya masing-masing. Baik sebagai makhluk hidup, sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk Allah SWT.

Sebagai makhluk hidup, manusia diberikan berbagai hal dan kemampuan untuk dapat mencari kebutuhan dan keukupan sebagai bekal hidup. sebagai makhluk sosial, manusia diberikan ruang gerak untuk saling berinteraksi dan membangun budaya di antara individu lainnya. Sebagai makhluk Allah SWT, manusia mempunyai tugas, peran, dan kewajiban-kewajiban yang diamanahkan kepadanya.

Sebagai umat Islam, kita biasa menganggap bahwa ibadah pokok adalah lima waktu tersebut dalam sehari semalam. Selebihnya, kita biasa menganggapnya sebagai waktu "di luar ibadah" yang diisi dengan aktivitas harian yang berkaitan peran sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial lainnya. Padahal, cakupan ibadah dalam kehidupan muslim sangatlah luas, dari ibadah yang sifatnya wajib sampai sunnah. Bahkan, segala tindak tanduk manusia jika tahu cara niatnya yang benar, juga dinilai ibadah oleh Allah SWT.

Waktu tak biasa merupakan waktu yang membuat banyak oraang sering kali menganggapnya tidak ada muatan pahala dan ibadah. Padahal, dalam kegiatan sehari-hari, manusia senantiasa memiliki banyak peluang ibadah dari waktu tak biasa tersebut dalam berbagai situasi dan kondisi. Apalagi, kalau kita perhitungkan, sisa waktu dari ibadah sholat wajib, yaitu kurang lebih sebesar 23 jam tersebut, merupakan waktu luas dan banyak untuk berpeluang melakukan hal tersebut.

Lantas, apa saja situasi dan kondisi tak biasa tersebut ? Bagaimana membuatnya agar kita dapat mengeruk pahala darinya ? Nantikan postingan selanjutnya  :)


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين



Tiada Waktu Tanpa Ibadah; Ternyata Waktu Tak Pernah Biasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: putri dwi

0 comments:

Posting Komentar