Ciri-ciri Orang Yang Qanaah


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Orang yang qanaah adalah orang yang rela hati dan ikhlas menerima apa yang telah diberikan oleh Allah kepadanya serta merasa cukup dengan apa yang dimilikinya. Adapun orang yang berjiwa qanaah memiliki ciri-ciri di antaranya adalah sebagai berikut:
1). Menerima segala anugerah yang diberikan oleh Allah dan sabar atas segala ketentuan yang menimpanya.
2). Meminta tambahan yang layak seraya berusaha dan berdoa serta bertawakal kepada Allah.
3). Hatinya tidak tertipu dengan kekayaan duniawi.
Qanaah merupakan salah satu sikap dasar seorang mukmi untuk mengendalikan diri agar tidak jatuh dalam keputusasaan dan keserakahan. Ditinjau dari fungsinya, qanaah dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai stabilisator dan sebagai dinamisator.

Sebagai stabilisator. Orang yang memiliki sifat qanaah hidupnya cenderung stabil dan dapat menjaga emosi, mereka selalu berlapang dada, hatinya senantiasa tentram dan merasa berkecukupan, bebas dari keresahan karena tidak khawatir akan kekurangan. Sebab pada hakikatnya kaya dan miskinnya seseorang bergantung pada kepuasa hatinya, bukan pada besarnya jumlah harta yang berhasil ia kumpulkan.

Sebagai dinamisator, yaitu kekuatan batiniah yang mendorong seseorang untuk dapat meraih kemajuan. Orang yang menanamkan sifat qanaah dalam kehidupannya akan terdorong untuk mencapai kemajuan-kemajuan hidup berlandaskan kemampuan diri, dan bergantung pada karunia Allah semata. Orang yang qanaah adalah orang yang tidak boros dan tidak pula kikir. Hal ini dijelaskan Allah dalam firman-Nya:

وَالَّذِيْنَ إِذَآ أَنْفَقُوْا لَمْ يُسْرِفُوْا وَلَمْ يَقْتُرُوْا وَكَانَ بَيْنَ ذَالِكَ قَوَامَا
Artinya: “Dan mereka yang apabila memberi nafkah belanja (sedekah) tidak memboros dan tidak kikir maka pertengahan antara kedua sifat itu.” (Q.S. al-Furqan: 67).
Ciri-ciri Orang Yang Qanaah
Illustration from image google
Demikianlah di antara beberapa ciri-ciri orang yang menerapkan qanaah dalam kehidupan sehari-harinya.

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Ciri-ciri Orang Yang Qanaah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

3 comments: