Kumpulan Doa Setelah Sholat Sunnah


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bismillahirrohmanirrohim

Kali ini Hikmah Kata akan memposting doa-doa setelah sholat sunnah, yaitu sholat sunnah Tahajud dan Dhuha. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

1). Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat yang dikerjakan pada waktu tengah malam antara sholat isya dan sholat shubuh sesudah bangun tidur. Sholat sunnah tahajud dikerjakan sekurang-kurangnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas (setiap dua rakaat satu salam).

Adapun doa setelah sholat sunnah tahajud adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَ الاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ الْمُلْكُ السَّمَوَاتِ وَ الاَرْضِ وَمَنْ فِيْهْنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَالاَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الّحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالجَنَّةُ حَقٌّ وَالنِّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقُّ وَمُحَمَّدٌ صَلىَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اللَّهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِى مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ الْمُقَدِّمُ وَ اَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ وَلآاِلَهَ غَيْرُكَ وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِااللهِ.

Artinya: “Ya Allah, ya Tuhanku, hanya bagi Engkau segala puji-pujian, Engkau penegak langit dan bumi, dan alam semesta serta isinya. Dan hanya kepada Engkau segala puji-pujian, hanya bagi Engkaulah kerajaan langit dan bumi, dan yang ada di dalamnya. Dan hanya bagi Engkaulah segala puji, cahaya langit dan bumi, dan hanya bagi Engkau segala puji. Engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah benar, dan bertemu dengan Engkau adalah benar, dan firman-Mu adalah benar, dan syurga itu adalah benar, dan neraka itu adalah benar, dan nabi-nabi-Mu itu adalah benar, dan nabi Muhammad saw. adalah benar, dan hari kiamat itu adalah benar. Ya Allah, ya Tuhanku, hanya bagi Engkau aku Islam, dan dengan Engkau aku beriman, dan hanya kepada Engkau aku berserah diri, dan kepada Engkau aku kembali, dan hanya kepada Engkau aku rindu, dan kepada Engkau aku berhukum, ampunilah aku atas kesalahan (dosa) yang lautan yang akan datang, dan dari dosa yang samar dan yang nyata. Engkau Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tidak ada yang disembah kecuali hanya Engkau. Dan tidak ada daya upaya, dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Engkau.”

Kumpulan Doa Setelah Sholat Sunnah
Illustration from image google
Kemudian membaca istighfar (mohon ampun) sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ
اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّى لآاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِى وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَا عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِى فَاِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Artinya: “Aku mohon perlindungan-Mu serta janji-Mu apa yang dapat aku lakukan, aku mengakui kenikmatan yang telah Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui akan dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku maka sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali Engkau.”

2). Doa Setelah Sholat Sunnah Dhuha

Sholat dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan (dikerjakan) pada waktu dhuha atau waktu pagi hari yang sudah agak meninggi sampai sebelum datangnya waktu sholat zuhur (antara pukul 07.00 s.d. 10.00 WIB). Jumlah bilangan rakaat sholat dhuha minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat dan dikerjakan setiap dua rakaat satu salam.

Adapun doa setelah sholat sunnah dhuha adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالبَهَاءَبَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمآءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى الاَرْضِ فَاخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَآءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِى مَاآتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di bumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku) datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Kumpulan Doa Setelah Sholat Sunnah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

2 comments: