Pengertian Qanaah dalam Islam


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Qanaah, keikhlasan diri menerima apa adanya. Dapat juga diartikan rela hati dan ikhlas menerima apa yang telah diberikan oleh Allah kepadanya serta merasa cukup dengan apa yang dimilikinya. Qanaah dalam hal ini adalah menjauhkan diri dari sikap selalu tidak puas terhadap apa yang sudah dimiliki. Rela menerima apa adanya serta menjauhkan diri dengan bermalas-malasan dan tidak mau berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Tetapi jika seseorang sudah berusaha dengan sebaik-baiknya namun hasilnya belum maksimal atau tidak sesuai dengan apa yang diinginkan maka dengan rela hati diterimanya hasil tersebut dengan rasa syukur dan lapang dada.

Maka dari itu, qanaah merupakan salah satu rahasia diri seseorang agar dapat bersyukur terhadap nikmat apa pun yang telah Allah berikan kepada kita. Sikap qanaah sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena qanaah dapat menghindarkan seseorang dari sifat serakah, tamak, rakus, terlalu berambisi dan sifat-sifat sejenis. Akan tetapi, untuk menumbuhkan sikap qanaah tidaklah mudah, apalagi pada saat sekarang sering dijumpai orang-orang yang selalu merasa kurang dan merasa tidak puas dengan segala hal yang telah dimilikinya.
Pengertian Qonaah dalam Islam
Illustration from image google
Banyak orang yang tidak mengetahui hikmah yang dapat diambil dari sikap qanaah, padahal sikap qanaah dapat mendekatkan diri seseorang kepada Tuhannya dan menambah rasa kecintaannya kepada Allah. Orang yang mempunyai sikap qanaah selalu menanamkan pada dirinya bahwa apa yang diperoleh atau apa yang ada pada dirinya merupakan ketentuan Allah.

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Pengertian Qanaah dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar