Respon Masyarakat Kota Mekkah Terhadap Dakwah Nabi Muhammad saw.


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dakwah Islam yang dilakukan Rasulullah saw., baik secara diam-diam maupun secara terbuka, mendapat (respon) yang beragam, ada yang menerima dan banyak juga yang menolak. Sejumlah kecil mereka yang menerima ajaran Islam adalah para sahabat dan keluarga dekat Rasulullah saw. meskipun ada juga keluarga dekatnya yang menolak, misalnya Abu Lahab. Mereka yang menerima berusaha secara bersama-sama menyebarkan ajaran di tengah-tengah kehidupan masyarakat kota Mekkah. Sementara mereka yang menolak, berusaha menghambat dan menghancurkan gerakan dakwah Islam.

Melalui pengaruhnya, Abu Bakar telah berhasil menarik simpati kawan-kawannya untuk menerima Islam dan membela perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menyebarkan ajaran Islam. Di antara mereka yang berhasil diajak masuk Islam adalah Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqash, Arqam bin Abi al-Arqam, dan lain-lain. Dari peran serta mereka inilah kemudian agama Islam tersebar dan menjadi agama yang dicintai masyarakat Arab.

Salah satu upaya untuk menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat kota Mekkah adalah pengajaran agama yang dilakukan di rumah Arqam bin Abi al-Arqam. Dari kegiatan pengajaran agama kepada sekelompok kecil masyarakat Arab di kota Mekkah inilah nantinya Umar bin Khattab masuk Islam.

Respon Masyarakat Kota Mekkah Terhadap Dakwah Nabi Muhammad saw.
Illustration from image google
Meskipun bisa dikatakan bahwa masyarakat Arab di kota Mekkah ada yang menerima ajaran Islam secara ikhlas, tapi pada umumnya masyarakat Arab kota Mekkah menolak dan tidak menghendaki kehadiran Islam dan umat Islam di kota tersebut. Hal ini dapat kita lihat dari berbagai penghinaan bahkan ancaman pembunuhan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad saw. dan para pengikutnya.

Dalam menghadapi tanggapan yang tidak menyenangkan ini, Rasulullah saw. terus saja menyebarkan ajaran Islam, meskipun ia bertaruh nyawa karena beliau berkeyakinan bahwa Islam merupakan agama yang paling benar yang mengajak umatnya menuju keselamatan di dunia dan di akhirat. Beliau mengajarkan bahwa hanya Allah yang wajib disembah, karena tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad saw. adalah Rasulullah.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Respon Masyarakat Kota Mekkah Terhadap Dakwah Nabi Muhammad saw. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar