Hal-hal Yang Membolehkan Tayamum


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Setidaknya, ada dua hal yang memperbolehkan seseorang melakukan tayamum, yaitu:

Pertama, ketika ia tidak mendapatkan air untuk berwudhu atau mandi besar. Dalam kondisi ini, seseorang boleh melakukan tayamum sebagai gantinya.

Dalam sebuah hadits yang diceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah saw. melakukan perjalanan bersama para sahabat. Di tengah perjalanan beliau melakukan sholat, tetapi ada seorang sahabat yang tidak melakukan sholat. Rasulullah saw. bertanya, "Apa yang menyebabkan kamu tidak melakukan sholat?" Ia menjawab, "Wahai Rasulullah, saya junub, dan di sini tidak ada air." Rasulullah saw. berkata kepadanya, "Cukuplah engkau memakai debu (maksudnya bertayamum) dan itu cukup." (H.R. Bukhari dan Muslim).

Kedua, ketika seseorang tidak bisa menggunakan air, baik itu karena alasan sakit yang akan makin parah jika menggunakan air, atau karena keterbatasan air.

Di dalam sebuah hadits yang diceritakan oleh Abu Daud disebutkan bahwa serombongan sahabat melakukan perjalanan. Salah seorang di antara mereka terkena batu di kepalanya, dan kemudian orang tersebut mimpi basah. Karena luka di kepalanya, ia bertanya kepada teman-temannya, "Apakah aku boleh bertayamum (sebagai ganti dari mandi besar)?" Teman-temannya menjawab, "Selama kamu bisa memakai air, sepertinya kamu tidak boleh tayamum." Orang itu pun kemudian mandi dan ia pun meninggal. Ketika rombongan itu datang kepada Rasulullah saw., mereka menceritakan peristiwa itu kepada beliau. Rasulullah saw. berkata, "Kalian telah membunuhnya! Kenapa kalian tidak bertanya jika tidak tahu? Sungguh, bertanya adalah obat kebodohan! Cukup baginya bertayamum."
Hal-hal Yang Membolehkan Tayamum
Illustration from image google
Salah satu alasan untuk tidak menggunakan air adalah jika air tersebut terlalu dingin, dan dikhawatirkan akan menyebabkan sakit jika memaksa memakainya. Atau, ada hal lain yang lebih membutuhkan air, seperti hewan yang kehausan dan kebutuhan air minum, sedang persediaan air sangat minim.

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Hal-hal Yang Membolehkan Tayamum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar