Rasul-rasul Ulul Azmi Beserta Dalilnya


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Di antara para nabi dan rasul yang diutus oleh Allah swt., terdapat rasul-rasul ulul azmi. Ulul Azmi artinya yang mempunyai tekad yang kuat dan keteguhan tanpa batas. Mereka mengerahkan segala daya dan upaya dengan penuh kesabaran untuk menegakkan kalimat Allah swt. dan membumikan syariat Allah swt. di muka bumi. Walaupun godaan dan tantangan serta bahaya datang silih berganti, mereka terus menjalankan misi kenabian yang telah diamanahkan, dengan penuh ikhlas karena Allah semata.

Allah swt. menyuruh kepada Nabi Muhammad saw. untuk mengambil suri teladan dari para rasul ulul azmi. Firman-Nya:

فَا صْبِرْ كَمَا صَبَرَ اُوْلُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ
Artinya: "Maka bersabarlah kamu seperti rasul-rasul ulul azmi." (Q.S. al-Ahqaf: 35).

Adapun rasul-rasul yang termasuk dalam ulul azmi adalah:
1. Nabi Nuh as.
2. Nabi Ibrahim as.
3. Nabi Musa as.
4. Nabi Isa as.
5. Nabi Muhammad saw.

Allah swt. telah menyebutkan nama-nama mereka dalam al-Quran dalam dua buah ayat, yaitu:

وَاِذْ اَخَذْنَا مِنَ النَّبِيِّنَ مِيْثَاقَهُمْ وَمِنْكَ وَمِنْ نُّوْحٍ وَّ اِبْرَاهِيْمَ وَمُوْسَى وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَاَخَذْنَا مِنْهُمْ مِّيْثَاقًا غَلِيْظًا
Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh." (Q.S. al-Ahzab: 7).
Rasul-rasul Ulul Azmi Beserta Dalilnya
Illustration from image Google

شَرَعَ لَكُمْ مِّنَ الدِّيْنِ مَا وَصَّى بِهِ نُوْحًا وَّالَّذِيْ اَوْحَيْنآ اِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَابِهِ اِبْرَاهِيْمَ وَمُوْسَى وَعِيْسَى اَنْ اَقِيْمُوْا الدِّيْنَ وَلاَ تَتَفَرَّقُوْا فِيْهِ, كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِيْنَ مَا تَدْعُوْهُمْ اِلَيْهِ, اللهُ يَجْتَبِيْ اِلَيْهِ مَنْ يَّشَآءُ وَيَهْدِيْ اِلَيْهِ مَنْ يُّنِيْبُ
Artinya: "Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa, dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya, Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Q.S. asy-Syura: 13).

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين



Rasul-rasul Ulul Azmi Beserta Dalilnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

1 comments: