Hikmah Mandi Wajib (Besar)


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pada intinya, hikmah terbesar dari mandi adalah untuk menyucikan seseorang dari segala bentuk kotoran (najis ataupun hadas) sebelum ia melaksanakan ibadah. Namun, berikut ini akan dijelaskan beberapa hikmah mandi besar ditilik dari faktor penyebabnya.

1). Mandi besar atau wajib dilakukan karena keluarnya mani. Hal ini merujuk kepada kenyataan bahwa ketika seseorang mengeluarkan mani, semua anggota tubuh ikut merasakan proses tersebut. Berbeda dengan keluarnya air seni, yang tak lain adalah proses dari "penyaringan" makanan dan minuman, air mani terkait dengan konstruksi keseluruhan tubuh. Makanya, ketika seseorang telah mengeluarkan air mani, ia akan merasa lelah, berbeda dengan saat setelah ia mengeluarkan air seni. Oleh karena itu, kewajiban mandi besar karena mengeluarkan mani merupakan "penyegaran" kembali untuk menghilangkan rasa lelah dan capai.

2). Di dalam sebuah ayat alquran, darah haid diibaratkan sebagai penyakit (aza). Maka wajar, ketika ia bebas dari masa haid, seorang perempuan diwajibkan untuk mandi besar, untuk menyucikan diri dari penyakit tersebut. Allah swt. berfirman:

وَيَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ, قُلْ هُوَ اَذًى, فَاعْتَزِلُوْا النِّسَآءَ فِى الْمَحِيْضِ وَلاَ تَقْرَبُوْهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ, فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللهُ

Artinya: "Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, "Itu adalah sesuatu kotor." Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu...." (Q.S. al-Baqarah: 222).
Hikmah Mandi Wajib (Besar)
Illustration from image Google

3). Sama halnya dengan haid, ketika seseorang bersih dari darah nifas, ia diwajibkan mandi untuk membersihkan diri. Selain untuk membersihkan diri, mandi besar setelah nifas dapat diartikan sebagai ungkapan rasa syukur bahwa ia telah berhasil melalui proses melahirkan dengan selamat.

4). Seseorang yang masuk Islam diwajibkan untuk mandi besar, sebagai ungkapan rasa syukur dan pernyataan diri bahwa ia benar-benar ingin membebaskan diri dari kebatilan menuju kebenaran (al-haqq).

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Hikmah Mandi Wajib (Besar) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar