Penerapan Ikhlas Dalam Kehidupan Sehari-hari


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ikhlas merupakan batasan sifat yang paling tinggi dalam hati, dikarenakan orang ikhlas akan selalu mengabdikan dirinya dalam kehidupan di jalan Allah. Alangkah indahnya hidup ini jika kita dapat menerapkan sikap ini dalam kehidupan kita di dunia.

Sayyid Sabiq merumuskan definisi ikhlas sebagai berikut:

الإِخْلاَصُ , اَنْ يَّقْصُدَ الإِنْسَانُ بِقَوْلِهِ وَ عَمَلِهِ وَ جِهَادِهِ وَجْهَ اللهِ وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِهِ مِنْ غَيْرِ نَظْرٍ اِلَى مَغْنَمٍ اَوْ جَاهٍ اَوْ لَقَبٍ اَوْ مَظْهَرٍ اَوْ تَقَدَّ مٍ اَوْ تَأَخَّرٍ لِيَزْتَفِعَ الْمَرْءَ عَنْ نَقَائِصٍ الاَعْمَالِ وَرَذَائِلِ الاَخْلاَقِ وَ يَتَّصِلَ مُبَاشِرَةٍ بِااللهِ

“Ikhlas adalah menyengaja manusia dengan perkataannya, amalnya, dan jihadnya karena Allah semata-mata dan karena mengharap ridho-Nya. Bukan karena mengharap harta, pujian, gelar, kemasyhuran, atau maju mundurnya. Amalnya terangkat dari kekurangan-kekurangan dan terangkat dari akhlak yang tercela dan dengan demikian ia menemukan kesukaan.”

Penerapan Ikhlas Dalam Kehidupan Sehari-hari
Illustration from image google
Dalam kerangka yang lebih kecil dalam kehidupan, kita dapat menerapkan sifat ikhlas ini dalam sebuah perbuatan karena niscaya semua hal yang kita perbuat akan selalu mendapatkan kemudahan, kelapangan, dan ridho dari Allah. Perbuatan atau pekerjaan apapun yang tidak didasari keikhlasan akan mudah putus asa, tidak bisa langgeng, gampang goyah, mudah rapuh, dan hasil dari kerjanya sangat buruk, kurang memuaskan. Karena ia kerja bukan dorongan hatinya tetapi karena faktor lain. Bila faktor lain yang diharapkan itu tidak kunjung tiba maka dengan sendirinya pekerjaannya atau amal ibadahnya itu akan kendur dan berhenti begitu saja.

Orang-orang yang melakukan perbuatan dengan didasari keikhlasan, baik urusan pribadinya, masyarakat, dan agamanya, pasti akan mengundang daya tarik yang hebat, memperoleh kejutan dan dukungan yang berarti, mendapat bantuan dan dorongan untuk mencapai cita-citanya. Dengan demikian maka semangatnya berkobar, kemauannya semakin membakar, dan kesungguhannya semakin menyala-nyala karena orang yang ikhlas akan sungguh-sungguh dalam melakukan aktifitasnya sehingga ia akan tekun dengan pekerjaannya agar didapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita dan idamannya.

Begitu juga sebaliknya, orang-orang yang melakukan pekerjaan apapun tidak dengan ikhlas, bahkan setiap pekerjaannya dititikberatkan pada suatu keuntungan yang akan didapatnya dan tidak jelas maka cepat atau lambat aibnya akan terbongkar, pamrihnya akan diketahui dan orang-orang di sekitarnya akan menghindar, teman dekatnya akan melupakannya, pembantu maupun pengagum-pengagumnya akan tidak mengindahkan dirinya lagi, karenanya semangatnya menjadi kendur, kemauan dan gairahnya semakin lemah, dan akhirnya hati dan jiwanya dihinggapi putus asa. Maka segala rencana berantakan, usahanya terhenti dan ia menderita kerugian besar, hidup merasa tanpa suatu harapan dan tujuan yang jelas.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Penerapan Ikhlas Dalam Kehidupan Sehari-hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar