Hadits Menuntut Ilmu


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Setelah memposting hadits yang berkaitan dengan menuntut ilmu beserta artinya, kali ini Hikmah Kata akan kembali memposting hadits mengenai menuntut ilmu. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi

عَنْ اَبِى الدَّرْدَاءَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: فَضْلُ العَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الَكَوَاكِبِ, وَاِنَّ الْعُلَمَاءِ وَرَثَةُ الاَنْبِيَاءِ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلاَ دِرْهَمًا اِنَّمَا وَرَثُوْا الْعِلْمَ فَمَنْ اَخَذَهُ اَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ. - رواه ابو داود والترمذي

Artinya: "Dari Abu Darda: Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: Kelebihan seorang alim dari seorang abid (orang yang suka beribadah) seperti kelebihan bulan pada bintang-bintang, dan sesungguhnya para ulama itu pewaris nabi-nabi, mereka tidak mewariskan dinar (uang), tetapi mewarisi ilmu, siapa yang mengambilnya maka ambillah dengan bagian yang cukup." (H.R. Abu Daud dan Tirmidzi).

Penjelasan Hadits

Hadits tersebut di atas masih ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan. Dijelaskan oleh Nabi, seorang alim (orang yang berilmu) lebih utama dari seorang hamba yang gemar ibadah (hamba yang ilmunya sedikit). Dan Rasulullah saw. menjelaskan bahwa para ulama adalah pewaris para nabi.

Ada dua hal yang terkandung di dalam hadits ini:

Pertama: Bahwa seorang alim lebih utama dari seorang abid yang gemar beribadah.

Ini artinya bahwa orang yang berilmu mempunyai kedudukan yang sangat tinggi bahkan melebihi seorang abid yang gemar beribadah namun tidak didasari dengan ilmu yang memadai.

Yang dimaksud dengan orang yang berilmu di sini adalah orang yang mempunyai ilmu dan mengamalkannya. Ilmu yang dimilikinya bagaikan cahaya yang dapat menerangi kegelapan. Sebagai orang yang berilmu ia mengerti bahwa ilmunya harus dimanfaatkan. Dengan ilmunya ia dapat membedakan antara yang hak dan yang bathil, antara yang halal dan mengetahui yang haram. Dengan ilmunya, ia dapat beribadah dengan baik, apa yang dikerjakannya mempunyai dasar, dan di dalam berbuat ia penuh dengan hati-hati.

Hadits Menuntut Ilmu


Dengan ilmunya pula ia dapat merubah keadaan dan cepat menyesuaikan keadaan itu dengan segera.

Jadi, orang yang berilmu itu dapat memberi manfaat pada dirinya sendiri dan kepada umat manusia. Di saat beribadah kepada Allah dilakukannya dengan benar sesuai dengan apa yang dimilikinya. Dan di saat itu juga ia dapat menerangi umat manusia dengan jalan memberi petunjuk kepada orang yang membutuhkannya. Ia tidak ingin melihat orang lain terjerumus dalam kehinaan.

Seseorang yang tidak berilmu di dalam beribadah tidak sesempurna orang yang berilmu. Bisa jadi apa yang dilakukannya tidak memberi manfaat pada dirinya.

Rasulullah saw. mengibaratkan orang alim (ulama) dibandingkan dengan seorang abid bagaikan bulan atas bintang-bintang. Artinya ilmu yang dimiliki (seorang alim) dapat memancarkan cahaya yang terang seperti terangngnya cahaya bulan, sedangkan seorang abid yang beribadah memancarkan cahaya seperti cahaya bintang.

Kedua: Para ulama adalah pewaris para nabi.

Para ulama (orang yang berilmu) bertugas sebagai pembawa amanat para nabi yang harus disampaikan kepada umat manusia. Secara berkesinambungan dakwawah atau ajaran yang penuh disampaikan oleh para nabi, setelah beliau wafat dilanjutkan oleh para ulama. Seorang ulama tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi dengan ilmu yang ia miliki ia berkewajiban mengamalkannya, dan mengajarkannya kepada orang lain. Dengan demikian, keberadaan agama akan terus terpelihara dengan baik. Walaupun kita tidak pernah berjumpa dengan Nabi Muhammad saw. dan tidak pernah mendengar langsung ajaran-ajarannya, namun berkat kegigihan para ulama Islam, kita dapat mengenyam nikmat-nikmat ajaran Islam. Karena ulama adalah pewaris nabi dan pemegang amanah Allah. Begitu pentingnya peranan ulama, nabi pernah mengingatkan, Allah akan mencabut ilmunya dengan cara mencabut (nyawa) para ulama.

Bagi sahabat yang ingin membaca hadits lainnya mengenai menuntut ilmu, dapat membacanya di sini.

*Dari berbagai sumber.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Hadits Menuntut Ilmu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar