Waktu-waktu Terbaik Untuk Menghafal Alquran


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Rasulullah saw. bersabda: "Ada dua kenikmatan yang kebanyakan manusia terjebak padanya, yaitu kesehatan dan waktu luang." (HR. Bukhari).

Dan sabda beliau: "Tidak akan melangkah dua kaki seorang hamba pada hari kiamat hingga ditanya tentang umurnya, dalam perbuatan apa dia habiskan, tentang ilmunya, dalam hal apa dia amalkan, tentang hartanya, dari mana dia peroleh dan di jalan apa dia belanjakan, dan tentang tubuh jasadnya, dalam hal apa dia binasakan." (HR. At-Tirmidzi).

Mengelola waktu menghafal alquran bukan berarti kehilangan waktu luang untuk bersenang-senang. Bukan pula berarti bahwa waktu dalam 24 jam per hari harus dihabiskan untuk belajar menghafal. Justru sebaliknya, prinsip utama dari pengelolaan waktu efektif adalah pembagian waktu yang efektif untuk kegiatan-kegiatan yang meliputi waktu untuk menghafal, waktu untuk belajar, waktu untuk bekerja, dan kegiatan-kegiatan positif yang lain maupun waktu bagi diri sendiri untuk bersantai.

Waktu merupakan komoditas yang paling bernilai karena waktu adalah suatu jenis sumber daya yang tidak bisa diperbarui, bahkan oleh ilmuwan yang paling jenius sekalipun. Kegiatan apapun yang akan kita lakukan pasti membutuhkan waktu. Sayangnya jumlah waktu sangat terbatas yaitu 24 jam. Dan jumlah ini tidak bisa ditambah atau dikurangi dalam sehari. Karena itu, waktu harus dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin. Mengingat sedemikian penting dan berharganya waktu, kita perlu membuat manajemen waktu bagi diri sendiri.
Waktu-waktu Terbaik Untuk Menghafal Alquran
Illustration from image Google
Adapun waktu-waktu yang paling tepat untuk menghafal alquran adalah:

1). Di pagi hari setelah sholat shubuh. Rasulullah saw. bersabda yang artinya: "Diberkahi bagi umatku pada pagi harinya." (HR. Ibnu Hibban).

2). Satu jam sebelum tidur. Dibaca dengan suara, mata, dan hati. Penemuan ilmiah menyebutkan bahwa di antara waktu yang paling bagus untuk menghafal alquran adalah beberapa menit sebelum tidur. Dimana saat itu alam bawah sadar seseorang sedang sibuk. Pada saat-saat itu suasana tenang dan pikiran sedang bersih-bersihnya.

3). Ketika bangun malam.
Allah swt. berfirman:

اِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْئًا وَاَقُوْمُ قِيْلاَ
Artinya: "Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan." (Q.S. al-Muzammil: 6).

4). Memperbanyak membaca ayat alquran yang sudah dihafal ketika melaksanakan sholat wajib maupun sunnah.

Ibnu Jama'ah berkata: "Waktu yang paling baik menghafal adalah waktu sahur, yang paling baik untuk meneliti adalah di pagi hari, yang paling baik menulis di siang hari, untuk muthola'ah dan mengulang di malam hari." Ismail bin Abi Uwais berkata: "Jika engkau ingin menghafal sesuatu, tidurlah, dan bangunlah ketika sadar, niscaya akan dapat cahaya ilmu dan engkau tidak akan lupa selamanya." Insya Allah... Amin Allahumma Amin.

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Waktu-waktu Terbaik Untuk Menghafal Alquran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

6 comments:

  1. Wow Thanks Gan Infonya, sedikit demi sedikit lama2 menjadi banyak, yg penting jgn pernah tinggalkan Al-Quran Sbg pedoman hidup Kita..

    BalasHapus
  2. Syukron infonya sangat bermanfaat...

    BalasHapus