Akibat dan Bahaya Kemaksiatan


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Banyak pelaku maksiat menyadari bahwa apa yang diperbuatnya mengundang dosa. Tetapi tidak banyak yang mengetahui apa yang akan didapatnya setelah ia melakukan kemaksiatan. Kemaksiatan mempunyai pengaruh yang buruk dan tercela. Kemaksiatan akan membahayakan hati dan tubuh manusia baik ketika masih di dunia maupun di akhirat, yang tidak diketahui kecuali oleh Allah swt.

Akibat dan bahaya kemaksiatan tersebut beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Penghalang ilmu. Ilmu adalah cahaya yang dianugerahkan Allah kepada hamba-Nya. Dan kemaksiatan akan mematikan cahaya tersebut.

2. Penghalang rezeki. Tidak ada amalan yang bisa mendatangkan rezeki yang setara dengan meninggalkan kemaksiatan.

3. Cemas dan gundah. Kecemasan dan kegundahan akan dirasakan oleh orang yang berbuat maksiat meskipun seluruh kenikmatan dunia dan seisinya dikumpulkan untuknya, tidak akan mampu mengobati kecemasannya.

4. Gelap hati. Orang yang melakukan kemaksiatan hatinya akan diliputi kegelapan. Kegelapan maksiat dalam hatinya menjadi kegelapan yang dirasakan di matanya.

5. Semakin sulit berbuat taat. Seseorang yang berbuat dosa, terhalang untuk melaksanakan ketaatan dan terputus jalan untuk melaksanakan ketaatan yang lain.
Akibat dan Bahaya Kemaksiatan
Illustration from image Google

6. Memendekkan umur dan menghilangkan berkah. Sebagaimana perbuatan baik dapat menambah umur maka perbuatan dosa akan mengurangi umur seseorang. Jika seorang hamba berpaling dari sisi Allah dan disibukkan dengan perbuatan maksiat, hilanglah makna hidupnya yang hakiki.

7. Melemahkan kemauan hati. Kemauan berbuat maksiat akan menguat seiring dengan melemahnya kemauan untuk taubat. Sedikit demi sedikit, hingga akhirnya hilang sama sekali kemauan untuk bertaubat.

8. Hina di hadapan Tuhan. Sesungguhnya kemaksiatan adalah penyebab kehinaan seorang hamba dan jatuhnya martabat di sisi Tuhannya.

9. Dilaknat Rasulullah saw. Sesungguhnya Rasulullah saw. melaknat para pelaku kemaksiatan.

Demikianlah beberapa di antara akibat dan bahaya dari kemaksiatan. Dan masih banyak akibat dan bahaya yang lain yang timbul akibat melakukan perbuatan-perbuatan maksiat. Semoga kita semua terhindar dari segala bentuk kemaksiatan. Amin.

*) Dari berbagai sumber.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Akibat dan Bahaya Kemaksiatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

2 comments:

  1. If уοu wish fоr tο get a
    great deal from this ρоst then yоu have to аpply ѕuсh strategieѕ tо уouг won wеbрage.


    mу ρage cure hemorrhoids

    BalasHapus