Sambutan Masyarakat Madinah Atas Kedatangan Nabi Muhammad saw.


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Nabi Muhammad saw. dan para pengikutnya tiba di Madinah pada tahun 622 M. Kedatangan Nabi Muhammad saw. dan umat Islam disambut meriah oleh masyarakat kota tersebut. Hampir semua lapisan masyarakat menyambut gembira kedatangan beliau. Mereka disambut dengan syair pujian yang biasa disebut dengan sholawat Badar.

"Telah tiba cahaya purnama di hadapan kita
Yang muncul dari balik bukit
Karenanya kita wajib bersyukur
Sebab masih ada orang yang mau mengajak ke jalan Allah"

Syair pujian itu melambangkan kemenangan perjuangan Nabi dan umat Islam dalam memperjuangkan dan menegakkan ajaran Islam. Bagi mereka yang tidak suka dengan kedatangan Nabi Muhammad saw. dan umat Islam, tidak ada pilihan lain kecuali mengikuti keinginan masyarakat banyak di Madinah. Setelah itu, kota Yatsrib diubah namanya menjadi Madinah al-Nabi (kota Nabi) atau Madinah al-Munawwaroh (kota yang penuh cahaya terang).
Sambutan Masyarakat Madinah Atas Kedatangan Nabi Muhammad saw.
Illustration from image Google
Dengan diterimanya Nabi dan umat Islam oleh masyarakat Madinah maka Nabi Muhammad saw. memberikan gelar kepada umat Islam Madinah dengan sebutan kaum Anshar, yaitu kelompok masyarakat yang menjadi penolong. Sementara umat Islam yang datang dari Mekkah diberi nama kaum Muhajirin.

Melihat keadaan seperti itu, Nabi Muhammad saw. berusaha mempersiapkan langkah-langkah yang harus dilakukannya untuk kepentingan dakwah Islam. Untuk langkah-langkah dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah insya Allah akan diposting di lain kesempatan Anda dapat membacanya di sini.

Semoga bermanfaat.

*) Dari berbagai sumber.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين



Sambutan Masyarakat Madinah Atas Kedatangan Nabi Muhammad saw. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Posting Komentar