Hikmah Wudhu dalam Islam


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Di saat membasuh anggota badan tertentu dalam wudhu, seharusnya kita berpikir tentang alasan dan hikmah di balik semua itu. Kenapa harus wajah, tangan, rambut, kaki, dan sebagainya? Kenapa dianjurkan untuk berkumur, membersihkan hidung, dan sebagainya? Uraian berikut mungkin bisa menjelaskan tentang hikmah berwudhu:

a. Air adalah elemen cair yang menyegarkan tubuh. Persentuhan dengan air saat berwudhu akan menyegarkan seseorang, jiwa, dan raga.

b. Ketika kita dianjurkan untuk berkumur, secara simbolik kita diajarkan untuk membersihkan mulut kita dari perbuatan-perbuatan kotor, seperti berbohong, mengumpat, menghasut, berbicara kotor, memfitnah, dan sebagainya. Kata-kata terkadang membawa awal petaka. Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw. berkata bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Fitnah terlahir dari perkataan.

c. Saat membersihkan hidung, petiklah pelajaran bahwa pernapasan kita adalah kehidupan kita. Manusia hidup karena ia bernapas. Maka bersihkanlah pernapasan kita, bersihkanlah kehidupan kita.

d. Ketika membasuh wajah, ketahuilah bahwa wajah kita adalah citra kita. Agar senantiasa tampil bersih dan indah maka wajah kita haruslah dibersihkan. Sucikanlah ia dengan air wudhu. Terangilah ia dengan thaharah sebab di dalamnya terdapat nilai-nilai ibadah.

e. Tangan kita harus dibersihkan sebab ia adalah anggota tubuh yang paling sering digunakan. Tangan adalah anggota tubuh yang paling aktif maka bersihkanlah ia dari perbuatan yang tidak baik.
Hikmah Wudhu dalam Islam
Illustration from image google
f. Kepala adalah simbol nalar dan pikiran manusia. Mengusapnya saat wudhu adalah simbol penjernihan akal pikiran. Pikiran yang jernih memunculkan perilaku yang jernih pula.

g. Telinga dibasuh untuk membersihkannya dari pendengara yang tidak baik, serta mempersiapkannya mendengar hal-hal yang baik.

h. Kaki adalah mitra dari tangan. Ia harus dibersihkan, diingatkan untuk tidak berjalan ke arah kejelekan.

Salah satu keutamaan wudhu adalah menghapus dosa-dosa. Rasulullah saw. bersabda yang artinya: "Barang siapa yang berwudhu dan melakukannya dengan baik, dosa-dosanya akan keluar dari badannya, meleleh dari sela-sela kuku-kukunya. (H.R. Muslm).

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Atha' bin Yasar beliau bersabda, "Jika seorang muslim berwudhu, lalu ia berkumur-kumur maka hilanglah dosa-dosa dari mulutnya. Jika ia membersihkan hidungnya dengan air maka keluarlah dosa-dosa dari hidungnya. Jika ia membasuh mukanya maka keluarlah dosa-dosa dari wajahnya, hingga dosa-dosa itu keluar dari ujung pelupuk mata. Jika ia membasuh tangannya, dosa-dosa akan keluar dari tangannya, hingga ia keluar dari bawah kuku-kukunya. Jika ia mengusap kepalanya, dosa-dosa akan keluar dari kepalanya, hingga melalui kedua telinganya. Jika ia membasuh kedua kakinya, dosa-dosa akan keluar dari kakinya, bahkan dari bawah kuku-kuku kakinya. Kemudian saat ia berjalan menuju masjid dan melakukan sholat (sunnah wudhu) akan menjadi tambahan pahala untuknya." (H.R. Malik).

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Hikmah Wudhu dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar