Manfaat Senyum dalam Islam


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Secara garis besar, sebuah senyuman yang tulus sesungguhnya sangat bermanfaat bagi pihak yang melemparkan senyuman (yang tersenyum) maupun bagi pihak yang dilempari senyuman. Adapun manfaat-manfaat senyum di antaranya adalah:

1). Senyum dapat memperbaiki hubungan seseorang, baik dengan orang lain maupun dengan Tuhannya. Orang yang tersenyum ketika berbicara atau berhubungan dengan orang lain secara otomatis menandakan bahwa hubungannya dengan lawan bicaranya terjalin dengan baik. Orang yang menjaga hubungan baiknya dengan orang lain berarti menyambung tali silaturohim dan Allah menjaga hubungan dengan hamba-Nya yang menyambung tali silaturohim.

2). Senyum dapat menambah daya tarik seseorang. Dilihat dari segi penampilan, orang yang tersenyum biasanya memiliki daya tarik tersendiri, orang yang tersenyum terlihat lebih ramah, lebih berwibawa, dan mempunyai kharisma tersendiri.

3). Senyum dapat menjaga dan memulihkan kesehatan seseorang. Dipandang dari segi kesehatan, tentu saja orang yang murah senyum akan jauh dari stress, jantungnya berdetak normal, peredaran darahnya juga mengalir dengan baik. Pendek kata, orang yang terbiasa tersenyum akan terhindar dari berbagai ketegangan hidup yang biasanya dapat membuat seseorang jenuh dan mudah stress. Sebabnya karena senyuman mendorong hati seseorang menjadi lebih bahagia dan gembira. Dan sebagai akibatnya, selain menyehatkan dan menguatkan tubuh, juga akan membuat seseorang awet muda. Menurut seorang dokter, tersenyum itu ternyata hanya mengandalkan tujuh belas otot wajah sedangkan bila kita cemberut akan tertarik kurang lebih tiga puluh dua otot wajah. Sungguh inilah salah satu sebab mengapa wajah terkadang terlihat cepat tua bagi orang yang membiasakan diri jarang tersenyum.
Manfaat Senyum dalam Islam
Illustration from image google
4). Senyum dapat memperluas pergaulan. Dipandang dari segi hubungan sosial, orang yang senantiasa tersenyum dalam berbicara ataupun berhubungan dengan orang lain berarti ia mempunyai kepribadian yang menarik dan menyenangkan bagi orang lain. Dan orang yang memiliki kepribadian yang menarik mudah disenangi oleh orang lain sehingga pergaulannya juga semakin luas.

5). Senyum dapat meredam kemarahan. Senyuman seseorang dapat meluluhkan emosi orang yang marah. Bila ada yang marah mendatangi kita, hadapilah dengan senyuman yang tulus karena senyum semacam ini bakal mampu meredam emosi orang yang marah.

Demikian beberapa manfaat yang dapat diambil dari tersenyum. Bayangkan saja jika kita bergaul dengan orang yang sulit untuk tersenyum. Orang yang jarang tersenyum, wajahnya selalu terlihat cemberut, sinis, ketus, dan tidak menyenangkan walaupun sebenarnya ia mempunyai wajah yang cantik dan rupawan. Bergaul dengan orang yang semacam ini akan terasa tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Begitu juga jika kita selalu menampakkan wajah yang ketus dan sinis, orang yang berada di sekeliling kita merasa tidak nyaman dengan keberadaan kita. Sebagai akibatnya, apa yang kita bicarakan selain tidak memiliki kehalusan budi bahasa, juga membuat orang lain merasa tidak nyaman ketika mendengar ucapan-ucapan kita.

Selain itu, yang harus diperhatikan dalam memberikan senyuman terhadap orang lain adalah harus mengetahui situasi dan kondisi, kapan harus tersenyum dan di mana harus tersenyum. Jangan sampai senyum yang disunggingkan di bibir justru malah membuat orang lain sakit hati. Perlu diperhatikan pula bahwa dalam tersenyum hendaknya tidak berlebih-lebihan karena harga diri juga bisa jatuh dengan senyuman. Seseorang yang mengumbar senyum terus menerus bisa disangka orang gila. Seorang wanita yang tersenyum kepada sembarang pria berarti menjatuhkan harga dirinya. Maka dari itu, meskipun sebuah senyuman diniatkan untuk menjalin kebersamaan, namun dalam hal ini harus benar-benar memperhatikan situasinya.

Senyum yang terbaik dasarnya adalah senyuman yang lahir dari hati yang tulus yang mengerti kapan waktu, situasi, dan kondisi serta tempat yang memungkinkan untuk tersenyum.

*) Dari berbagai sumber

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Manfaat Senyum dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jejak Puisi

0 comments:

Poskan Komentar